Posted by : Inbound Marketing Friday 21 June 2013


Salah satu masalah kehamilan yang akan dialami oleh setiap ibu hamil dan sangat wajar terjadi adalah mual dan muntah atau morning sickness. Kondisi ini akan terjadi setiap hari bahkan sepanjang hari, jenis makanan apapun yang Bunda cium akan menimbulkan rasa mual dan jika dimakan akan dimuntahkan kembali. Namun kondisi ini menjadi tidak wajar jika rasa mual disertai dengan muntah yang hebat, sehingga membuat tubuh Bunda lemas (hyperemesis gravidarum) dan menyebabkan dehidrasi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Bunda dapat mencoba untuk memahami salah satu perawatan bayi mengatasi muntah yang berlebihan, yaitu:

1. Konsumsilah makanan yang serba kering seperti crackers, puding, roti bakar tanpa selai, ayam goreng, empal daging, ikan goreng dan lauk pauk yang kering.
2. Setiap setelah bangun tidur, minumlah segelas air hangat.
3. Sebaiknya, Bunda menjadikan sayuran dan buah-buahan sebagai snack atau camilan. Karena sayuran dan buah-buahan tidak mengandung lemak sehingga dapat melancarkan pencernaan.
4. Ibu hamil yang menderita hyperemesis gravidarum akan mengalami tekanan darah rendah sehingga pada saat bangun tidur akan terasa pusing. Oleh sebab itu, untuk mengurangi rasa pusing sebaiknya saat bangun tidur jangan langsung berdiri tetapi miringkanlah dahulu tubuh Bunda ke kiri lalu ke kanan dan setelah itu duduklah secara perlahan. Setelah Bunda merasa nyaman dan rasa pusing sudah berkurang, barulah Bunda dapat berdiri.
5. Biasanya untuk mengurangi rasa mual dan muntah selama kehamilan, dokter kandungan akan memberikan Bunda vitamin B6 untuk dikonsumsi dan menyarankan seberapa banyak vitamin B6 yang harus dimakan saat mual dan muntah berlebihan.
6. Bunda juga dapat mengkonsumsi susu ibu hamil yang khusus untuk ibu hamil penderita mual dan muntah berlebihan.

Itulah beberapa perawatan bayi mengatasi muntah berlebih saat hamil dan Bunda dapat menjadikannya sebagai panduan agar kondisi tersebut tidak berlanjut terus menerus dan yang pasti jika kondisi tersebut dibiarkan akan sangat membahayakan bagi kondisi kesehatan Bunda serta janin.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sarapan Bernutrisi -Metrominimalist= Tempat Bulan madu di indonesia- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -