Posted by : Inbound Marketing Monday 3 June 2013


Pendarahan kecil yang berupa flek termasuk salah satu tanda awal kehamilan dan sepintas mirip dengan menstruasi. Kondisi inilah yang menyebabkan para ibu terutama yang belum mengalami kehamilan, tidak menyadari jika dirinya telah hamil dan bahkan cukup banyak yang mengalami keguguran. Flek ini terjadi pada saat awal kehamilan, terutama saat plasenta terbentuk dan juga disebabkan karena darah yang dilepas ketika telur dibuahi melekatkan diri pada dinding rahim. Flek darah yang terjadi saat awal kehamilan adalah hal yang normal dan juga sebagai tanda awal kehamilan. Penyebab terjadinya pendarahan saat hamil disebabkan oleh:

1.    Pada saat awal kehamilan, sel telur yang telah dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim.
2.    Ketika plasenta mulai tertanam dalam lapisan rahim.
3.    Melunaknya serviks pada saat awal kehamilan juga dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan.
4.    Siklus hormon-hormon biasa ditutupi oleh hormon-hormon kehamilan.
5.    Adanya infeksi pada vagina.

Bunda harus waspada jika flek saat kehamilan diikuti oleh gejala lain. Pendarahan yang berlangsung terus menerus bahkan semakin bertambah, kemungkinan sebagai tanda ancaman keguguran atau adanya kehamilan etopik. Jika kondisi ini terjadi, segera hubungi dokter kandungan dan jangan pernah ditunda. Apabila flek terjadi pada kehamilan trimester ketiga, hal ini menandakan adanya kelahiran prematur. Meskipun dokter kandungan mengatakan bahwa kehamilan Bunda tidak mengalami gangguan atau baik-baik saja, namun Bunda jangan pernah ragu dan selalu secara rutin memeriksakan kehamilan Bunda guna menghindari kemungkinan yang terburuk.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sarapan Bernutrisi -Metrominimalist= Tempat Bulan madu di indonesia- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -